Apa itu Backlink ? Apa Fungsi Backlink ?

seo

[ALV] Apa itu Backlink ? Apa Fungsi Backlink ?

Sebelumnya Baca : Mengenal Apa itu SEO dan Manfaatnya ?

Sebelumnya Baca : Teknik SEO ( Search Engine Optimization )

Sudah mengerti tentang SEO dan teknik-tekniknya ?. Backlink merupakan salah satu teknik pengoptimasian mesin telusur secara off page. Dimana kita tidak lagi mengedit konten, membuat keyword dan tag, dan segala hal yang terkait dengan isi postingan. Daripada bingung mari kita lanjutkan dengan penjelasan berikut ini.

Backlink
Backlink dalam bahasa indonesianya berarti tautan kembali merupakan link atau tautan yang terletak di situs lain dan mengarah ke situs kita. Backlinks biasa dikenal sebagai inbound link, merupakan aspek yang penting dalam hal SEO, karena backlink akan membuka peluang bagi situs kita untuk berada diposisi atas mesin pencari. Apalagi jika anda menaruh backlink dalam situs yang memiliki pagerank tinggi, seperti facebook, google+,dsb. Banyak mesin pencari termasuk google, yahoo, bing yang menjadikan backlink sebagai tolak ukur dalam algoritma mesin pencari mereka. Terlebih lagi jika website kalian memiliki jumlah backlink yang banyak dan berkualitas maka website kalian akan dipandang lebihbaik di mata mesin pencari. Contohnya seperti backlink dari government ( .gov ) atau education ( .edu ).

Fungsi / Manfaat Backlink
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa backlink merupakan salah satu tolak ukur dalam algoritma mesin pencari. Dengan demikian, manfaat setelah kalian membuat backlink dalam situs lain akan terasa, contohnya :

1. Meningkatnya posisi situs kalian pada SERP
Banyak yang berpikiran kalau backlink sebagai ajang promosi situs saja, tidak ada gunanya, padahal dengan menaruh link hidup pada situs lain yang berpagerank tinggi, memungkinkan meningkatnya posisi situs kalian pada SERP ( Search Engine Result Page ).

2. Meningkatnya trafik situs
Bila pada poin 1, meningkatnya posisi pada serp, hal ini tentu akan berkaitan dengan kemungkinan meningkatnya trafik situs kalian. Tentunya pada SERP diimbangi dengan SEO On Page yang baik dan menarik agar pencari dapat tertarik untuk membuka situs kalian.

3. Mempertahankan posisi SERP
Tidak hanya situs kalian yang terpampang dalam SERP, ada banyak, bahkan sampai ratusan-ribuan. Tapi dengan seiring waktu, posisi SERP akan saling bersaing dan situs kalian tentunya tdak akan kalah dalam SERP.

4. Meningkatnya ranking situs
Ini yang paling penting, semua tau kalo situs kalian pasti mempunyai peringkat. Nah, backlink merupakan salah satu indikator yang penting dalam meningkatnya peringkat situs. Dengan memenuhi ketiga poin diatas, sudah dapat kita pastikan bahwa peringkat situs pelan-pelan akan terasa naik. Tentu hal ini memudahkan kita untuk mencari afiliasi bisnis seperti google ads :).

Jika sudah tau “Apa itu Backlink ? Apa Fungsi Backlink ?”, saatnya kalian mempraktekkannya sekarang. Contohnya dengan cara komentar dihalaman ini dengan menaruh link website kalian. Mudah Bukan?. Selamat Mencoba Guys!

Mau lebih pintar SEO ? Baca Juga : Rahasia SEO.


Sumber : Pribadi


Best Regards,

ALV Signature

You may also like...

26 Responses

  1. zonamers says:

    puyeng ngurusin backlink, susah nyarinya. apalagi koneksi inet saya kayak siput 🙁

  2. mu2n says:

    pusing juga mas, hahahah pengen instan ajja 😀

  3. Sarnuji says:

    backling emang penting , tapi males nyarinya hehehe

  4. 9droidev says:

    woah jadi semakin semnagat buat cari backling 😀

  5. 9droidev says:

    keen mas penjelasanya

  6. Yumna says:

    Butuh proses yang panjang untuk mendapatkan banyak backlink yg berkualitas

  7. tony tao says:

    kalo itu saya masih susah buat prakteknya mas

  8. unggul sapto says:

    Waduh ternyata ribet juga ya 🙁

  9. agusjunaidi says:

    sori. maksudnya backlink kayak ini ya?sy ketik: http://www.anekabinding.blogspot.com betulkah?

  10. dor cohen says:

    Fantastic beat ! I would like to apprentice while you amend your website, how could i subscribe for a blog site? The account helped me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast provided bright clear idea

  11. backlink memang dalam strategi seo memang sangat dibutuhkan, dan tautan balik terhadap blog kita nantinya akan memberikan nilai yang baik asal melakukan cara mendapatkan backlink berkualitas

  12. temandroid says:

    Kalo bisa bagi list backlinknya gan heehe

  13. Xiaomi tech says:

    malas ny nyari backlink , sekarang susah gan 🙁 share backlinknya dong heheh

  14. Mu2n says:

    makasih gan pencerahanya:D

  15. Bisik bisik gan backlinknya hehe

  16. kang IT says:

    wah bermanfaat banget gan ane bari tau fungsi backlink itu apa 🙂

  1. August 2, 2015

    […] Lanjut Yuk Baca tentang Backlink – SEO Off Page […]

  2. August 2, 2015

    […] para blogger sudah pasti pernah melakukan trik membuat backlink. Contohnya itu ya seperti berkomentar pada situs lain dengan menaruh link situs mereka. Tetapi […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: