Pengenalan CMS [ Content Management System ]

cms

[ALV] Pengenalan Content Management System

Mungkin sebagian orang berpikir, untuk membuat sebuah website diharuskan memiliki bakat ngoding dan sebagainya. Di artikel ini saya akan menjelaskan tentang CMS yang sudah banyak dipakai oleh banyak orang.

Sekilas tentang CMS :

CMS atau Content Management System berfungsi untuk mempermudah orang awam dalam membuat atau menggunakan sebuah website tanpa harus mengerti kode-kode pemrograman web yang membingungkan. Kita juga bisa memfokuskan diri untuk memikirkan isi yang akan disajikan di website kita . Tidak hanya orang awam, CMS juga bisa dikembangkan oleh programmer dengan cara membuat modul atau komponen CMS itu sendiri. Bahkan bila CMS tersebut open source, programmer diperbolehkan mengembangkan CMS itu sendiri.

Contoh dari CMS seperti Joomla, WordPress, Drupal, OpenCart, PrestaShop dan lain-lain. Beberapa CMS juga mempunyai berbagai fungsi khusus masing-masing seperti wordpress yang terfokus seperti blog, joomla terfokus untuk penyajian profil diri atau perusahaan, Open cart dan prestashop terfokus untuk toko online. Para developer CMS terus mengembangkan komponen tambahan agar tidak terfokus untuk satu fungsi itu saja, contohnya seperti wordpress atau joomla saat ini banyak template-komponen-modul yang menyajikan untuk toko online. Dan bahkan saat ini website forum juga berusaha untuk mengembangkan CMS untuk portal mereka.

So, apakah anda tertarik untuk memakai CMS ? Semoga saja kalian sudah cukup ilmu untuk membuat sebuah CMS dong yaa :p


Sumber : Pribadi


Best Regards,

ALV Signature

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: