Tim Berners-Lee : Sang Penemu World Wide Web

tim-berners-lee

[ALV]Tim Berners-Lee : Sang Penemu World Wide Web

Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee, KBE adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya. Wikipedia

Bagaimana ceritanya ? Mari kita baca baik baik…


Ada sekian ratus juta orang saat ini mengakses Internet.Dan sebagian besar dari mereka menggunakan Internet untuk mengakses web dalam mendapatkan informasi,memanfaatkan layanan-layanan email gratis lewat web,dan lain-lain. Tapi hanya sedikit saja yang tahu siapa penemu web. Sang penemu web itu adalah Tim Berners-Lee. Banyak orang bilang,ia dikenal cukup pendiam,Bahkan ada orang yang menyebutnya sebagai lelaki pemalu dengan gaya bicara yang lembut dan pelan.Pernyataan-pernyataannya tidak terlalu banyak dapat ditemukan di media massa.Itulah sebabnya ketika bukunya yang berjudul “Weaving The Web” diterbitkan,cukup banyak yang berminat.

Bagaimana dengan kisah kehidupan pribadinya? Apalagi! Bukan saja pelit,dia bahkan benar-benar menghindar publikasi kehidupan pribadinya di media massa. Di salah satu halaman FAQ situs webnya ada pertanyaan,”Bisakah Anda cerita lebih banyak tentang kehidupan pribadi Anda?”,tanpa ragu dia menjawab”No,I can’t.”Ia selalu menolak menjawab pertanyaan mengenai istri dan kedua anaknya,meskipun sebuah foto bergambar dua kepala bocah terpampang menjadi dekorasi di kantornya. Baginya dengan menemukan teknologi yang paling berpengaruh abad ini tak berarti ia harus menjadi pesohor. ”Dalam konteks publik, tidak apa aku ditunjuk sebagai penemu World Wide Web. Yang aku mau, citra itu dipisahkan dari kehidupan pribadi, sebab kesohoran dapat menghancurkan kehidupan pribadi,”ujarnya kala itu.

Pada tahun 2004 Tim memperoleh penghargaan sebagai Ksatria oleh Kerajan Inggris ( Knight Commander of the Order of the British Empire ) karena jasanya menemukan Web. Terkait dengan itu Tim menyebut temuannya itu dengan sebutan ‘hanya sebuah program’.


Sumber : “Tim Berners-Lee: Sang Ksatria Penemu Web” – Buku “Di Balik Kisah-kisah Hacker Legendaris”


Regards,

ALV Signature

You may also like...

1 Response

  1. August 5, 2015

    […] Baca Juga : Tim Berners-Lee – Sang Penemu WWW […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: